Daftar Negara dengan Produktivitas Pekerja Tertinggi di Dunia pada 2022, Bagaimana Indonesia?

Ketenagakerjaan
1
Monavia Ayu Rizaty 26/01/2022 13:30 WIB
10 Negara dengan Produktivitas Pekerja Tertinggi di Dunia (Hingga 17 Januari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Produktivitas tenaga kerja adalah kemampuan tenaga kerja dalam menghasilkan barang produksi. Semakin produktif pekerja di sebuah negara, maka barang atau output yang dihasilkan oleh negara pun akan semakin besar. 

Berdasarkan data Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), Luksemburg menjadi negara dengan produktivitas tenaga kerja tertinggi di dunia, yakni mencapai US$ 128,1 per jam. Artinya, satu pekerja di Luksembourg dapat berkontribusi sebesar US$ 128,1 per jam pada perekonomian negara.

Irlandia menempati urutan kedua negara dengan produktivitas tenaga kerja tertinggi sebesar US$ 122,2 per jam. Singapura berada di urutan berikutnya dengan produktivitas sebesar US$ 73,7 per jam.

Produktivitas tenaga kerja di Negeri Paman Sam tercatat sebesar US$ 70,6 per jam. Disusul produktivitas tenaga kerja di Swiss dan Norwegia yang masing-masing sebesar US$ 69,7 per jam dan US$ 69,1 per jam.

Sementara, produktivitas tenaga kerja di Indonesia hanya sebesar US$ 13,1 per jam. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia berada di urutan ke-107 dari 185 negara. Maladewa berada di urutan yang sama dengan Indonesia.

(Baca Selengkapnya: Kualitas Pekerjaan Indonesia Menurun Akibat Pandemi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua