IKLAN

Ternyata, Mayoritas Masyarakat Indonesia Percaya dengan Media

10 Negara dengan Tingkat Kepercayaan terhadap Media Tertinggi (2022)

Sumber : Edelman,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

21/1/2022, 12.50 WIB

Menurut Edelman Trust Barometer Global Report 2022, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap media berada di peringkat kedua tertinggi di dunia. Tingkat kepercayaan ini melebihi negara-negara lain dan justru sedang mengalami penurunan pada 2022.

Tingkat kepercayaan terhadap media di Indonesia tercatat sebesar 73%. Angka ini naik 1 poin dibandingkan tahun lalu. Sementara, peringkat pertama diduduki oleh Tiongkok dengan persentase 80%. India dan Thailand sama-sama berada di peringkat ketiga dengan 66%.

Berikutnya, tingkat kepercayaan masyarakat Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab terhadap media sama-sama sebesar 64%. Adapun, tingkat kepercayaan masyarakat Malaysia terhadap media sebesar 60%.

 Edelman Trust Barometer merupakan survei kepercayaan dan kredibilitas tahunan terhadap demokrasi. Variabelnya mencakup bidang bisnis, pemerintahan, NGO (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan media.

Survei ini mencakup 28 negara dengan lebih dari 36.000 responden. Survei dilakukan melalui wawancara secara online antara 1 hingga 24 November 2021.

(Baca Selengkapnya: Survei: Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Dokter Tertinggi di Dunia, Politisi Terendah)

IKLAN