Inilah 10 Provinsi dengan Jumlah Sepeda Motor Terbanyak

Transportasi & Logistik
1
Vika Azkiya Dihni 18/01/2022 14:00 WIB
10 Provinsi dengan Jumlah Sepeda Motor Terbanyak Menurut Polda (17 Januari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI (Polri) mencatat, jumlah kendaraan di Indonesia masih didominasi pengguna roda dua atau sepeda motor. Berdasarkan data yang diperbarui pada 17 Januari pukul 23:34 WIB, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 146,11 juta unit dengan 80,5% atau 117,74 juta unit merupakan sepeda motor.

DKI Jakarta terkenal sebagai kota dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi. Tak heran jika kota Metropolitan itu menyumabang jumlah sepeda motor terbanyak di Indonesia. Polda Metro Jaya sebagai kepolisian daerah di DKI Jakarta mencatatkan jumlah sepeda motor mencapai 17,38 juta unit.

Jawa Tengah berada di peringkat dua dengan jumlah sepeda motor sebanyak 17,05 juta unit. Jawa Barat berada di peringkat ketiga dengan sepeda motor sebanyak 15,19 juta unit.

Meskipun Jawa Timur memiliki total kendaraan terbanyak, tetapi jumlah sepeda motor di Jawa Timur berada di peringkat keempat, yakni 13,21 juta unit. Kemudian Sumatera Utara menyusul di posisi kelima dengan jumlah sepeda motor 6,15 juta unit.

Data ini menunjukkan, jumlah sepeda motor terbanyak masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Ini terbukti dari hanya Sumatera Utara yang bukan daerah di Pulau Jawa yang termasuk dalam lima teratas daftar ini.

Adapun, secara total Pulau Jawa mencatatkan jumlah sepeda motor mencapai 67,89 juta unit. Proporsinya mencapai 57,66% dari total sepeda motor di Indonesia.

(Baca: Jumlah Kendaraan Bermotor Jawa Timur Terbanyak se-Indonesia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua