Survei: Publik Nilai Isu Pengangguran dan Harga Sembako Mendesak untuk Ditangani

Ekonomi & Makro
1
Dwi Hadya Jayani 13/01/2022 11:50 WIB
Masalah Mendesak yang Harus Diselesaikan Pemimpin Indonesia 5 Tahun ke Depan
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan terdapat serangkaian permasalahan yang harus diselesaikan oleh pemimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. Responden menilai bahwa masalah paling mendesak yang perlu diselesaikan adalah menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. Persentasenya mencapai 33,2%.

Masalah mendesak selanjutnya adalah mengendalikan harga kebutuhan pokok sebesar 14,6%. Harga-harga bahan pokok mengalami kenaikan beberapa bulan terakhir.

Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi makanan, minuman, dan tembakau tertinggi di antara kelompok pengeluaran lainnya. Laju inflasinya mencapai 1,61% secara bulanan (month on month/mom).

Kemudian, responden menilai pemberantasan korupsi menjadi permasalahan selanjutnya. Persentase pemberantasan korupsi untuk segera diselesaikan mencapai 14,4%.

Adapun, penanganan Covid-19 menjadi permasalahan prioritas keempat yang perlu diselesaikan. Itu diungkapkan 7,8% responden.

Survei diselenggarakan pada 6 hingga 11 Desember 2021 di 34 provinsi Indonesia. Populasi survei ini seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dengan melibatkan 1.220 orang. Kemudian, terdapat penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur.

(Baca: Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi Turun pada Akhir 2021)

Metode yang digunakan adalah simple random sampling. Toleransi kesalahan dari survei ini kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.