IKLAN

GrabToko, Perusahaan E-Commerce dengan Pengaduan Konsumen Terbanyak

Perusahaan E-commerce dengan Aduan Konsumen Terbanyak, 2021

Sumber : Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), 7 Januari 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Annissa Mutia

12/1/2022, 12.20 WIB

GrabToko menjadi perusahaan e-commerce dengan pengaduan konsumen terbanyak menurut data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Lembaga tersebut mencatat, 26% dari total aduan perusahaan e-commerce terkait GrabToko pada 2021.

Meski memiliki nama yang mirip, GrabToko tidak berafiliasi dengan Grab. Pada September 2021, Bos GrabToko Yudha Manggala Putra divonis 4 tahun penjara akibat kasus penipuan di situs e-commerce tersebut.

Selanjutnya, 13% dari total aduan e-commerce terkait layanan di Tokopedia. Lazada berada di peringkat ketiga dengan cakupan aduan sebesar 11%.

Shopee berada di peringkat keempat dengan 9% dari total aduan. Posisi kelima diisi Akulaku yang aduannya mencakup 7% dari total aduan.

Masalah utama pengaduan konsumen pada 2021 adalah barang yang tidak diterima (29%). Selanjutnya, ada aduan soal refund dengan 14% dari total aduan dan barang tidak sesuai dengan 12% dari total aduan.

(Baca: YLKI: Aduan Konsumen Pinjaman Online Terbanyak selama 2021)

IKLAN

data terkait