Survei KedaiKopi: 61% Pemilih Ingin Memilih Presiden bukan Jawa, Apa Alasannya?

Politik
1
Reza Pahlevi 29/12/2021 16:10 WIB
Alasan Memilih Presiden Bukan dari Suku Jawa, 2021
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei KedaiKopi menunjukkan 61% responden survei mengaku ingin memilih calon presiden bukan dari suku Jawa jika tersedia pilihan suku lainnya. Anggapan semua suku sama menjadi alasan utama di balik pilihan ini.

Kebanyakan atau 43,1% responden survei beralasan ingin memilih presiden bukan Jawa karena percaya semua suku sama saja. Lalu, 26,9% responden menjawab semua suku seharusnya memiliki kesempatan yang sama.

Kemudian, 12,1% responden beralasan ingin ada perubahan dan 1,9% mengatakan calon presiden dari suku bukan dari Jawa juga layak. Dari 7 presiden yang sudah pernah memerintah, hanya B. J. Habibie yang pernah menjadi presiden bukan dari suku Jawa.

Ada pula 1,6% responden yang menganggap presiden dari suku Jawa kurang tegas, dan 1,5% menggap yang penting calon presiden seagama dengan mereka.

KedaiKOPI melakukan survei pada 16-24 November 2021, dengan 1.200 responden, yang berusia 17-65 tahun, tersebar di semua provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara face to face, dengan sampling error kurang lebih 2,83 persen.

(Baca: Survei KedaiKOPI: Masyarakat Lebih Menginginkan Sosok Presiden yang Merakyat)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua