Survei KedaiKOPI: Masyarakat Lebih Menginginkan Sosok Presiden yang Merakyat

Politik
1
Monavia Ayu Rizaty 20/12/2021 11:10 WIB
Sosok Presiden yang Masyarakat Inginkan (November 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menemukan sosok presiden idaman masyarakat Indonesia. Sebanyak 26,6% responden atau mayoritas masyarakat Indonesia menginginkan sosok presiden yang merakyat.

Sosok presiden idaman berikutnya yang diinginkan masyarakat adalah presiden yang tegas. Itu diungkapkan 20,3% responden. Kemudian, 14,2% responden menginginkan sosok presiden yang jujur dan 9,5% responden menginginkan sosok yang pintar/cerdas.

Mayoritas responden atau 54,5% menjadikan figur pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) sebagai alasan utama dalam memilih capres dan wapres. Sedangkan 43,4% responden hanya menjadikan figur capres sebagai alasan utama dalam memilih.

Adapun, saat pemilihan presiden dan wakil presiden mayoritas responden atau 89,7% menjadikan pasangan capres dan cawapres sebagai faktor utama ketika memilih. Hanya 10,3% responden yang menjadikan partai politik pengusung sebagai faktor utama ketika memilih.

KedaiKOPI melakukan survei pada 16-24 November 2021, dengan 1.200 responden, yang berusia 17-65 tahun, tersebar di semua provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara face to face,  dengan sampling error kurang lebih 2,83 persen.

(Baca Selengkapnya: Litbang Kompas: Prabowo Subianto Calon Presiden Pilihan Milenial)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua