Litbang Kompas: Prabowo Subianto Calon Presiden Pilihan Milenial

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 25/10/2021 11:50 WIB
Pilihan Calon Presiden Generasi Milenial (24 - 29 tahun) Jika Pemilu Saat ini
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil Survei Litbang Kompas menunjukkan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meraih dukungan terbanyak dari milenial sebagai calon presiden. Sebanyak 17,4% milenial memutuskan untuk memilih Prabowo jika saat ini diadakan Pemilihan Presiden RI.

Kendati demikian, basis dukungan Prabowo dari kalangan generasi milenial mengalami penurunan dalam waktu enam bulan terakhir. Hal ini terlihat Pada April 2021, Prabowo masih meraih 21,4% dukungan dari milenial sebelum akhirnya saat ini merosot menjadi 17,4%.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi selanjutnya dengan dukungan dari kalangan milenial mencapai 15,3%. Angka tersebut naik dari survei sebelumnya dengan dukungan yang diraih dari kalangan milenial sebesar 8%.

Ganjar Pranowo berhasil mengungguli Anies Baswedan dalam merebut suara milenial. Tercatat pemilih Anies mengalami penurunan dari 15,5% pada April lalu menjadi 10,5% saat ini.

Tokoh lainnya belum terlalu dilirik oleh milenial saat ini, antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan persentase dukungan sama-sama sebesar 3,7%. Disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 5,5%, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama 4,3%, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 2,7%, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo 1,1%, dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD 0,5%.

Sebagai informasi, Litbang Kompas melakukan survei terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia pada 26 September hingga 9 Oktober 2021. Survei ini menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Mulai Samai Prabowo)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua