Laporan Statista menunjukkan pangsa pasar Xiaomi di Indonesia terbesar kelima di Asia Pasifik. Persentase pangsa pasar smartphone tersebut mencapai 19,83%.
Sementara, Myanmar menguasai pangsa pasar smartphone Xiaomi di Asia Pasifik. Tercatat, pangsa pasar ponsel pintar asal Tiongkok itu mencapai 30,93% di Myanmar.
Kemudian, pangsa pasar Xioami di India sebesar 27,28%, terbesar kedua di Asia Pasifik. Maladewa dan Nepal berada di atas Indonesia dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 21,99% dan 21,21%.
Setelah Indonesia, pangsa pasar smartphone Xiaomi di Bangladesh dan Papua Nugini masing-masing mencapai 19,42% dan 11,46%. Lalu, Brunei Darussalam, Srilanka, dan Filipina masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 11,05%, 8,69%, dan 7,79% di wilayah Asia Pasifik.
Di Tiongkok sendiri, pangsa pasar smartphone Xiaomi hanya sebesar 7,11%. Angka ini menempatkan pangsa pasar ponsel pintar itu di negara asalnya menduduki peringkat 12 terbesar di Asia Pasifik.
Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone yang paling laris secara global. Menurut laporan Counterpoint Research, Xiaomi berhasil mengirimkan 44,4 juta unit smartphone di seluruh dunia pada kuartal III 2021 dengan pertumbuhan sebesar 3,26% yoy. Jumlah ini menempatkan Xiaomi di peringkat ketiga dengan pengiriman smartphone terbanyak global pada Januari-September 2021 lalu.
(Baca: Pengiriman Smartphone Global Turun 6,45% Kuartal III-2021)