IKLAN

Emas Jadi Pilihan Investasi Favorit di Indonesia

Jenis Investasi yang Dimiliki Investor Indonesia

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), 6 Desember 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Annissa Mutia

6/12/2021, 11.23 WIB

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Berdasarkan hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bekerja sama dengan Stockbit, investasi emas menjadi pilihan investasi favorit di Indonesia. Ini terbukti dari jawaban 60,2% responden.

Selanjutnya, sebanyak 33,2% responden menjawab tanah sebagai pilihan investasi mereka. Lalu, 26,4% responden mengaku memiliki investasi di bidang bisnis/usaha. Selain itu, reksadana juga menjadi pilihan investasi favorit masyarakat di urutan keempat dengan dukungan dari 24,8% responden.

Temuan ini membuktikan investasi tradisional masih populer di kalangan investor Indonesia. Ini terbukti dari hanya ada satu investasi digital yang termasuk dalam lima teratas daftar ini.

Satu-satunya pilihan investasi digital dalam daftar lima teratas adalah reksadana. Sebanyak 24,8% responden mengaku memiliki investasi di instrumen tersebut.

Mata uang kripto mulai menjadi pilihan investor Indonesia dengan 18,7% mengaku memilikinya. Persentase ini bahkan lebih besar daripada persentase yang memiliki deposito bank (15,9%).

(Baca: Update: Harga Emas Antam Tetap di Harga Rp 932,000 per Gram)

IKLAN

data terkait