Emas Jadi Pilihan Investasi Favorit di Indonesia

Keuangan Non Bank
1
Reza Pahlevi 06/12/2021 11:23 WIB
Jenis Investasi yang Dimiliki Investor Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Berdasarkan hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bekerja sama dengan Stockbit, investasi emas menjadi pilihan investasi favorit di Indonesia. Ini terbukti dari jawaban 60,2% responden.

Selanjutnya, sebanyak 33,2% responden menjawab tanah sebagai pilihan investasi mereka. Lalu, 26,4% responden mengaku memiliki investasi di bidang bisnis/usaha. Selain itu, reksadana juga menjadi pilihan investasi favorit masyarakat di urutan keempat dengan dukungan dari 24,8% responden.

Temuan ini membuktikan investasi tradisional masih populer di kalangan investor Indonesia. Ini terbukti dari hanya ada satu investasi digital yang termasuk dalam lima teratas daftar ini.

Satu-satunya pilihan investasi digital dalam daftar lima teratas adalah reksadana. Sebanyak 24,8% responden mengaku memiliki investasi di instrumen tersebut.

Mata uang kripto mulai menjadi pilihan investor Indonesia dengan 18,7% mengaku memilikinya. Persentase ini bahkan lebih besar daripada persentase yang memiliki deposito bank (15,9%).

(Baca: Update: Harga Emas Antam Tetap di Harga Rp 932,000 per Gram)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua