Anak di Bandung Paling Banyak Alami Kekerasan Psikis pada 2021

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 05/12/2021 09:00 WIB
Jumlah Kekerasan terhadap Anak Menurut Jenis Kekerasan di Kota Bandung (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga tumbuh kembangnya. Namun realitanya, tidak sedikit anak-anak yang harus mengalami kekerasan dari orang-orang di sekitarnya atau bahkan dari orang tuanya sendiri.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 431 kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan di kota Bandung sepanjang 2020. Dari jumlah tersebut, jenis kasus terbanyak adalah kekerasan psikis mencapai 155 kasus.

Kekerasan seksual menjadi jenis kekerasan terbanyak berikutnya di kota Bandung sebanyak 69 kasus. Kemudian, kekerasan lainnya sebanyak 57 kasus. Kemudian, kekerasan terhadap fisik anak tercatat sebanyak 55 kasus sepanjang 2020.

Kekerasan lainnya yang juga banyak dialami anak di Bandung, yaitu kekerasan yang berkaitan dengan ekonomi sebanyak 35 kasus, kekerasan hak asuh anak sebanyak 27 kasus, kekerasan anak dengan menelantarkan anak sebanyak 26 kasus, dan perdagangan anak sebanyak 7 kasus.

Kekerasan terhadap anak tidak bisa dianggap sepele karena kekerasan yang dialami seorang anak akan sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya hingga dewasa. Trauma berat di masa kecil juga sering berdampak ke tindak kriminal dan aksi bunuh diri.

(Baca Selengkapnya: Orangtua Jadi Pelaku Kekerasan Fisik terhadap Anak Terbanyak di Riau)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua