Nilai Penjualan Ritel Minimarket Lampaui Supermarket dan Hypermarket pada 2020

Nilai Penjualan Ritel Minimarket, Supermarket, dan Hypermarket (2020)

Sumber : Euromonitor International,

Disalin..

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Annissa Mutia

24/11/2021, 16.40 WIB

Berdasarkan data Euromonitor International, nilai penjualan minimarket mencapai US$ 12,5 miliar pada 2020. Nilai penjualan minimarket berhasil meningkat saat pandemi, melampaui nilai penjualan supermarket dan hypermarket.

Penjualan ritel minimarket tersebut tercatat melonjak 68,9% jika dibandingkan dengan 2015. Pada tahun itu, nilai penjualan minimarket hanya sebesar US$ 7,4 miliar.

Nilai penjualan supermarket tercatat meningkat dari US$ 4,6 miliar menjadi US$ 5,6 miliar pada 2015 hingga 2019. Meski begitu, nilai penjualan ini turun menjadi US$ 5,2 pada 2020.

Di sisi lain, nilai penjualan Hypermarket tercatat turun teratur dari US$ 2,5 miliar menjadi US$ 2 miliar pada 2015 hingga 2020. Dalam periode ini, jumlah gerai Hypermarket dapat meningkat meski hanya 12,7%.

Pertengahan tahun ini, pengelola Hypermarket Giant menutup seluruh gerainya di Indonesia. Mereka menyebut format ritel grosir hypermarket yang kurang menguntungkan menjadi alasan di balik keputusan tersebut.

(Baca: Jumlah Gerai Hypermarket di Indonesia Meningkat 12,7 Persen dalam Lima Tahun)

data terkait