Indomaret, Ritel dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia

Perdagangan
1
Monavia Ayu Rizaty 22/11/2021 12:10 WIB
10 Ritel dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indomaret menempati peringkat pertama ritel dengan jumlah gerai terbanyak di Tanah Air pada 2020. Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA), perusahaan ritel milik Salim Group ini memiliki 18.271 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Alfamart menempati posisi kedua dengan jumlah 14.973 gerai. Kemudian, Alfa Midi yang masih dalam satu manajemen yang sama dengan Alfamart memiliki 1.761 gerai. Selanjutnya, Super Indo dan Transmart Carrefour masing-masing memiliki 177 gerai dan 137 gerai.

Berdasarkan nilai penjualan, Indomaret merupakan ritel yang memiliki nilai penjualan tertinggi mencapai US$ 5,9 miliar atau Rp 84,07 triliun pada 2020 (kurs Rp 14.250/US$). Alfamart menyusul dengan nilai penjualan sebesar US$ 5,25 miliar atau Rp 74,9 triliun.

Pandemi yang menyebabkan pembatasan sosial memaksa peritel untuk mencari model bisnis baru untuk menjangkau konsumen. Beberapa perusahaan ritel banyak yang berkolaborasi dengan e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Perusahaan juga mempertimbangkan untuk mengubah format hypermarket menjadi toko yang lebih kecil agar lebih dekat ke daerah pemukiman.  

(Baca Selengkapnya: Indomaret, Ritel dengan Nilai Konsumen Tertinggi di Indonesia pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.