Nilai Ekonomi Digital E-Commerce Diproyeksikan Capai US$ 104 M pada 2025

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dwi Hadya Jayani 11/11/2021 11:10 WIB
Nilai Gross Merchandise Value (GMV) E-Commerce (2019-2025)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil riset Google, Temasek, dan Bain & Company menyebutkan, bahwa e-commerce menjadi pendorong utama ekonomi digital Indonesia. Ini tercermin dari total nilai penjualan (gross merchandise value/GMV) sebesar US$ 53 miliar dengan tingkat pertumbuhan majemuk (compound annual growth/CAGR) mencapai 52% dari tahun sebelumnya.

Laporan ini juga memproyeksikan e-commerce masih memimpin pasar ekonomi digital pada 2025. Nilai GMV-nya naik menjadi US$ 104 miliar.

Kendati demikian, CAGR lokapasar pada 2025 tidak setinggi tahun ini. Nilainya hanya 18% jika dibandingkan dengan 2021.

Total potensi ekonomi digital Indonesia sebesar US$ 70 miliar pada 2021 dengan CAGR 49% dari tahun sebelumnya. Google, Temasek, dan Bain & Company menyebutkan ekonomi digital Indonesia mengindikasikan prospek yang optimis untuk negara berpenduduk besar.

Nilai GMV tersebut diproyeksikan meningkat menjadi US$ 146 miliar. Namun CAGR dari ekonomi digital Indonesia melambat menjadi 20% dibandingkan dengan 2021.

(Baca: E-Commerce Jadi Pendorong Utama Ekonomi Digital Indonesia pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua