Inilah Daftar 5 Potongan Berlian Terbesar di Dunia

Produk Konsumen
1
Vika Azkiya Dihni 08/11/2021 15:50 WIB
5 Berlian Potong Terbesar di Dunia yang pernah Ditemukan
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berlian merupakan batu permata populer, khususnya di kalangan para wanita, yang bisa dijadikan sebagai bentuk perhiasan, seperti cincin, anting, maupun kalung. Berlian yang kini beredar di pasaran memiliki berat karat yang standar, tetapi terdapat berlian yang pernah ditemukan memiliki karat sangat besar.

Melansir dari NS Energy, berikut lima berlian terbesar di dunia yang pernah ditemukan.

1. Golden Jubilee Diamond (545,65 Karat)

Memimpin daftar sebagai berlian potong terbesar di dunia adalah Golden Jubilee. Berlian ini berasal dari batu kuning cokelat yang beratnya mencapai 755,5 karat ketika digali di Afrika Selatan pada tahun 1986, dari tambang premier milik perusahaan berlian ikonik De Beers di Kota Cullinan.

Pekerjaan memotong berlian ini dipercayakan kepada pemotong terkenal di dunia Gabriel Tolkowsky, yang membutuhkan waktu dua tahun untuk memberikannya bentuk "Bantal Api Mawar". Golden Jubilee memiliki berat 545,65 karat setelah proses pemotongan selesai pada tahun 1990, di mana De Beers meminjamkannya untuk dipamerkan ke Asosiasi Produsen Berlian Thailand.

Kemudian dibeli oleh sekelompok pengusaha Thailand pada tahun 1995, sebagai hadiah untuk Raja Thailand Bhumibol untuk menandai Jubilee Emas (peringatan ke-50) sebagai Raja. Saat ini Golden Jubilee dipajang di Royal Museum of Bangkok's Pimammek Golden Temple sebagai bagian dari permata mahkota Thailand.

2. Cullinan I (530,20 karat)

Berlian ini merupakan bagian dari kristal berlian terbesar yang pernah ditemukan pada 1905, yakni berlian Cullinan yang memiliki 3.107 karat. Pada tahun 1907, pemerintah kolonial provinsi Transvaal membeli Cullinan yang kasar dan memberikannya kepada Raja Inggris Edward VII pada hari ulang tahunnya yang ke-66 karena memberikan Transvaal konstitusinya sendiri pada tahun sebelumnya.

Tugas memotong batu berlian itu dipercayakan oleh Raja Edward VII kepada ahli pemotong berlian Joseph Asscher. Setelah hampir enam bulan, berlian tersebut dipotong menjadi sembilan berlian besar dan 96 berlian kecil pada bulan Februari 1908, sementara sekitar 19,5 karat dari batu asli ditinggalkan sebagai batu yang belum dipoles.

Potongan terbesar dari berlian asli, yaitu Cullinan I atau Bintang Besar Afrika, dipotong menjadi bentuk buah pir dan memiliki 74 segi dengan berat 530,20 karat yang menjadikannya sebagai berlian terbesar kedua di dunia. Cullinan I ini dipajang di Menara London dengan sisa perhiasan mahkota.

3. Incomparable Diamond (407,48 Karat)

Incomparable 407,48 karat adalah berlian terbesar ketiga di dunia. Berlian ini ditemukan pada tahun 1980-an sebagai batu kasar 890 karat oleh seorang gadis muda di tumpukan puing-puing pertambangan dari Tambang Berlian MIBA terdekat di kota Mbuji Mayi, Republik Demokratik Kongo. 

Setelah proses pemotongan dan pembentukan selama empat tahun, berlian yang berbentuk step-cut perisai kuning tua alami itu kemudian dipajang di sayap Natural History Smithsonian Institute, Washington DC, pada tahun 1984. Berlian ini kemudian menjadi pusat kalung yang dibuat oleh perusahaan perhiasan Lebanon Mouawad, yang memiliki 90 berlian putih lainnya yang menyertainya pada rantai emas mawar berbentuk daun anggur.

(Baca: Deretan Jam Tangan Termahal Dunia, Ada yang Seharga Rp 791,1 Miliar)

4. Cullinan II (317,4 karat)

Cullinan II merupakan berlian kedua dari sembilan berlian utama yang dipotong dari berlian Cullinan 3.107 karat. Berlian ini berbentuk bantal dengan 66 segi dengan berat 317,4 karat.

Berlian yang merupakan terbesar keempat di dunia ini, terletak di Kerajaan Inggris tepat di bawah Ruby Pangeran Hitam dan telah menghiasi banyak penobatan di Westminster Abbey. Berlian ini dikenal sebagai Bintang Kedua Afrika, disekrupkan ke Mahkota Kerajaan melalui selungkup emas kuning, memiliki beberapa kekurangan kecil seperti chip di korset dan goresan di sisi meja yang menambah pesonanya.

5. Graff Lesedi La Rona (302,37 karat)

Graff Lesedi La Rona ditemukan pada November 2015 sebagai batu kasar 1.109 karat di perusahaan Kanada Lucara Diamonds' Karowe Mine di Botswana. Berlian ini diperkirakan berusia 2,5 miliar tahun, dijual ke perhiasan multinasional Inggris Graff pada 2017.

Berlian ini membutuhkan 18 bulan pemotongan dan pemolesan ahli dari tim pengrajin dan ahli permata Graff untuk mendapatkan permukaan cermin yang halus. Pasalnya, berlian ini menjadi berlian dengan potongan zamrud persegi terbesar di dunia. Setelah dipotong 302,37 karat, berlian ini merupakan berlian terbesar kelima di dunia yang muncul dengan warna dan kejernihan tertinggi yang pernah disertifikasi oleh Gemological Institute of America (GIA).

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua