10 Provinsi yang Miliki Laboratorium Kesehatan Terbanyak, Mana Saja?

Jumlah Laboratorium Kesehatan Menurut Provinsi (2020)

Sumber : Kementerian Kesehatan (Kemenkes),

Disalin..

Penulis: Viva Budy Kusnandar

Editor: Annissa Mutia

4/11/2021, 11.50 WIB

Keberadaan laboratorium Kesehatan menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dengan adanya laboratorium kesehatan, masyarakat dapat mendeteksi dan menganalisa persoalan kesehatan di tengah masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terdapat 1.535 unit laboratorium di seluruh Indonesia pada 2020. Dengan rincian, sebanyak 1.275 unit laboratorium dimiliki oleh swasta, 228 unit dimiliki pemerintah kabupaten/kota, 28 unit dimiliki pemerintah provinsi, dan 4 unit dimiliki oleh Kemenkes. Sebanyak 339 unit laboratorium tersebut sudah terakreditasi Kemenkes dan terdapat 1.196 unit belum terakreditasi.

Advertisement

Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki jumlah laboratorium kesehatan terbanyak, yakni mencapai 312 unit. Dengan rincian, 284 unit dimiliki swasta, 27 unit yang dimiliki pemerintah kabupaten/kota, dan 1 unit yang dimiliki pemerintah provinsi. Sebanyak 63 unit laboratorium kesehatan di provinsi tersebut sudah terakreditasi Kemenkes dan 249 unit belum terakreditasi.

Berikutnya, DKI Jakarta memiliki sebanyak 228 unit laboratorium kesehatan. Sebanyak 224 unit dimiliki swasta, 2 unit yang dimiliki pemerintah kabupaten/kota, 1 unit yang dimiliki pemerintah provinsi, dan 1 unit dimiliki oleh Kemenkes. Sebanyak 34 laboratorium di ibu kota tersebut sudah terakreditasi dari Kemenkes dan sisanya sebanyak 194 laboratorium kesehatan belum terakreditasi.

Provinsi Jawa Timur yang memiliki 215 unit laboratorium kesehatan berada di posisi ketiga. Terdapat 184 unit laboratorium di provinsi tersebut yang dimiliki pihak swasta, 30 unit dimiliki pemerintah kabupaten/kota, dan 1 unit yang dimiliki oleh Kemenkes. Sebanyak 43 unit laboratorium tersebut yang sudah mendapat akreditasi dari Kemenkes, sisanya 172 unit belum terakreditasi.

Sementara Papua Barat tercatat sebagai provinsi dengan jumlah laboratorium kesehatan paling sedikit, yakni hanya mempunyai 2 unit laboratorium. Kedua laboratorium tersebut dimiliki swasta dan belum terakreditasi dari Kemenkes. Di atasnya ada Sulawesi Tengah yang mempunyai 3 unit laboratorium kesehatan. Sebanyak 2 unit laboratorium di provinsi tersebut dimiliki swasta dan 1 unit dimiliki pemerintah provinsi. Dua unit laboratorium tersebut sudah mendapat akreditasi dari Kemenkes dan ada 1 unit yang belum terakreditasi.

(Baca: Jawa Barat Miliki Puskesmas Terbanyak Nasional pada 2020)

data terkait