Produk Kesehatan dan Kecantikan Paling Laku Saat Pandemi

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dwi Hadya Jayani 27/10/2021 14:00 WIB
Jumlah Transaksi per Kategori Produk
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Sirclo menunjukkan, ada pergeseran kategori produk yang paling digemari konsumen saat berbelanja daring (online). Jumlah transaksi produk kesehatan dan kecantikan meningkat menjadi 40,1% saat pandemi Covid-19. Nilai itu naik dibandingkan pada 2019 yang hanya sebesar 29,1%.  

Peningkatan transaksi produk kesehatan dan kecantikan melampaui barang konsumen yang bergerak cepat (Fast-Moving Consumer Goods/FMCG). Tercatat, transaksi FMCG hanya tumbuh dari 30,5% pada 2019 menjadi 31,2% pada 2020/2021.

Tingginya transaksi produk kesehatan dan kecantikan serta FMCG karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selain itu, masyarakat kian sadar mengenai kesehatan saat pandemi Covid-19.

Sementara, transaksi penjualan dari barang ibu dan anak mengalami penurunan dari 16,4% menjadi 13,2%. Transaksi penjualan produk fesyen dan hobi turun dari 16,3% menjadi 9,5%.

Transaksi produk elektronik turun dari 6,9% menjadi 2,8%. Terakhir, transaksi produk peralatan rumah tangga naik dari 0,4% menjadi 2,6%.

Adapun, riset ini dilakukan terhadap 4.590 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas yang memiliki akses internet.  Riset yang dilakukan pada 24-28 Agustus 2021 ini mayoritas berasal dari responden dengan status sosial ekonomi (SES) Grup B dan C.

(Baca: Shopee Serap 12.912 Karyawan Indonesia pada Kuartal II 2021)

Data Populer
Lihat Semua