Hasil riset Katadata Insight Center (KIC) dan Sirclo menunjukkan, produk fesyen dan aksesoris paling banyak dicari dan dibeli oleh konsumen saat belanja online. Sebanyak 71% konsumen mencari produk tersebut dan 66,6% memutuskan untuk membelinya.
Sebanyak 44,4% konsumen mencari produk pulsa dan voucher di e-commerce. Kemudian, ada 35,3% responden yang mencari produk perawatan tubuh dan kecantikan saat berbelanja online.
Ada 33,3% konsumen yang mencari peralatan rumah tangga di e-commerce. Meski banyak dicari, namun konsumen yang membeli produk tersebut hanyalah 27,4%.
Sementara, 34,2% konsumen mencari produk elektronik dan aksesorisnya di e-commerce. Kemudian, 32,6% konsumen mencari produk makanan dan minuman ketika belanja online.
Konsumen yang mencari produk kesehatan, seperti obat dan vitamin saat belanja online sebesar 28,3%. Konsumen yang memilih produk hobi dan koleksi di e-commerce sebanyak 24,8%.
Sebanyak 23,6% konsumen mencari produk komputer/laptop, kamera dan handphone di e-commerce. Namun, konsumen yang memutuskan untuk membeli produk tersebut hanyalah 16,2%.
Adapun, riset ini dilakukan terhadap 4.590 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas yang memiliki akses internet. Riset yang dilakukan pada 24-28 Agustus 2021 ini mayoritas berasal dari responden dengan status sosial ekonomi (SES) Grup B dan C.
(Baca: Konsumen Lebih Pilih Jasa Pengiriman Tepat Waktu saat Belanja Online)