Konsumen Lebih Pilih Penjual Terverifikasi saat Belanja di E-Commerce

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dwi Hadya Jayani 27/10/2021 13:40 WIB
Kecenderungan Memilih Penjual di Marketplace
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Sirclo menunjukkan, sebanyak 36,8% konsumen berbelanja daring (online) satu hingga tiga kali sebulan dengan rata-rata pengeluaran Rp 250 ribu per bulan. Pembeli pun selektif dalam memilih penjual di lokapasar (e-commerce) saat berbelanja.

Sebanyak 62,3% responden memilih penjual yang telah berstatus terverifikasi. Demi mendapatkan status terverifikasi, penjual harus merupakan distributor atau pemegang hak resmi untuk berjualan daring.

Sebanyak 56,8% responden memilih penjual di e-commerce dengan ulasan positif atau rekomendasi dari konsumen yang telah berbelanja sebelumnya. Kemudian, 45,3% responden memilih penjual yang menawarkan harga murah.

Ada pula 34,6% responden yang memilih penjual dengan ketersediaan promosi. Sebanyak 34% responden tertarik dengan penjual yang disokong oleh pemengaruh (influencer).

Riset ini dilakukan terhadap 4.590 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas yang memiliki akses internet.  Riset yang dilakukan pada 24-28 Agustus 2021 ini mayoritas berasal dari responden dengan status sosial ekonomi (SES) Grup B dan C.

(Baca: Shopee Serap 12.912 Karyawan Indonesia pada Kuartal II 2021)

Data Populer
Lihat Semua