Zona Hijau Covid-19 Indonesia Bertambah Tiga Daerah

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 21/10/2021 09:30 WIB
Peta Zonasi Risiko
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  mencatat, zonasi risiko virus corona Indonesia terus membaik. Ini terlihat dari menurunnya jumlah daerah dengan tingkat kerawanan virus corona tinggi dan sedang. Sementara, daerah yang tak memiliki kasus corona terus bertambah.

Berdasarkan laporan Satgas Penanganan Covid-19, Indonesia masih terbebas dari zona merah corona pada 11-17 Oktober 2021. Artinya, sudah lima pekan tak ada daerah dengan tingkat kerawanan corona tinggi di tanah air sejak 13 September 2021.

Jumlah kabupaten/kota yang masuk zona oranye pun tercatat berkurang satu daerah dalam sepekan terakhir. Alhasil, hanya ada dua kabupaten/kota yang memiliki tingkat kerawanan virus corona sedang.

Sementara, kabupaten/kota yang masuk zona kuning berkurang dua menjadi 504 daerah pada 11-17 Oktober 2021. Sepekan sebelumnya, terdapat 506 kabupaten/kota yang masuk zona kuning. 

Adapun, kabupaten/kota yang masuk zona hijau karena tak memiliki kasus baru bertambah tiga menjadi delapan daerah. Sementara, tak ada kabupaten/kota di Indonesia yang masuk zona hijau karena tak terdampak virus corona.

Minimnya daerah dengan tingkat kerawanan corona tinggi dan sedang di Indonesia menunjukkan bahwa penularan virus tersebut semakin terkendali. Meski demikian, masyarakat tak boleh lengah dalam melakukan pencegahan corona.

Pemerintah tetap mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat diharapkan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

(Baca: Sebanyak 54 Kabupaten/Kota di Jawa-Bali Berstatus PPKM Level 2)

Data Populer
Lihat Semua