Inilah 10 Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luasnya?

10 Negara dengan Luas Wilayah Terkecil di Dunia (2020)

Sumber : Statista, 2021

Disalin..

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Dimas Jarot Bayu

14/10/2021, 16.30 WIB

Vatikan menjadi negara paling kecil di dunia. Melansir dari Statista, luas wilayah negara yang berada di dalam Kota Roma, Italia ini hanya 0,49 kilometer (km) persegi.

Negara ini dihuni oleh 1.000 jiwa. Meski demikian, Vatikan selalu ramai lantaran menjadi destinasi ziarah. Negara dengan julukan enklave ini juga memiliki pusat gereja katolik di seluruh dunia, yakni Basilika Santo Petrus.

Monako menduduki peringkat kedua sebagai negara terkecil di dunia. Luas wilayah negara yang terletak di Eropa Barat ini hanya 2,02 km persegi.

Nauru yang berada di Pasifik Selatan berada di urutan selanjutnya dengan luas 21 km persegi. Kemudian, San Marino yang teletak di Italia memiliki luas 61 km persegi.

Liechtenstein, negara yang terletak di Eropa Tengah memiliki luas 160 km persegi. Pulau Marshall yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat ini mempunyai luas 181 km persegi.

Lalu, Saint kitts dan Nevis mempunyai luas 261 km persegi. Negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia ini juga merupakan negara terkecil di Amerika.

Negara terkecil berikutnya adalah Maladewa dengan luas 300 km persegi. Sementara, Malta yang terletak di Eropa Selatan memiliki luas 316 km persegi.

(Baca: Inilah 10 Negara Terkaya di Dunia 2021 Versi Majalah Global Finance)

data terkait