Pemeluk Agama Kristen Paling Banyak di Dunia, Berapa Jumlahnya?

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 08/10/2021 11:30 WIB
Agama dengan Jumlah Pemeluk Terbanyak di Dunia (Juta Orang)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situs Worldpopulationreview melaporkan jumlah agama di dunia diperkirakan mencapai lebih dari 4.000 agama. Agama Kristen menjadi yang terbesar di antara agama yang ada di dunia.

Agama-agama utama dunia terbagi dalam dua kategori. Pertama agama Ibrahim, seperti Kristen, Yudaisme, dan Islam. Kedua, agama-agama India, yang meliputi Hindu, Buddha, Sikhisme, dan sebagainya. Tentu saja, ada juga populasi besar dengan perkiraan sekitar 1,2 miliar orang yang memilih untuk tidak beragama atau menganut kepercayaan Ateis. 

Berikut agama dengan mengikut terbesar di dunia.

1. Kristen (2.382.750.000 orang)

Dari seluruh agama-agama besar di dunia, Kristen menjadi yang terbesar dengan jumlah pengikut mencapai 2,38 miliar orang. Kekristenan didasarkan pada kehidupan dan ajaran Yesus Kristus yang berusia sekitar 2.000 tahun. Kelompok terbesarnya adalah Gereja Katolik Roma, gereja Ortodoks Timur, dan gereja Protestan, dengan kitab suci berupa Alkitab.

2. Islam (1.907.110.000 orang)

Islam adalah agama yang paling banyak dianut kedua di dunia dengan jumlah pengikut sebanyak 1,9 miliar orang. Islam disebarkan Nabi Muhammad (570–632 M) yang diyakini umat Islam sebagai nabi terakhir. Islam menyatakan Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan kitab sucinya Al Qur’an.

3. Tidak Terafiliasi Agama (1.193.750 orang)

Kelompok yang tidak terafiliasi agama menempati urutan ketiga dengan jumlah mencapai 1,193 miliar orang. Kelompok ini adalah mereka yang tidak memeluk agama, baik itu Ateis atau agnostik, hingga mereka yang memeluk kepercayaan spritual tertentu tetapi tidak berafiliasi pada agama tertentu.

4. Hindu (1.161.440.000 orang)

Hindu diketahui sebagai ajaran tertua di dunia dengan kepercayaan dan praktik yang dimulai sejak tahun 1500-an sebelum Masehi. Hinduisme dipraktikkan paling banyak di India, di mana sekitar 80% populasi mengidentifikasi diri sebagai Hindu, diikuti Nepal dan Indonesia.

5. Buddha (506.990.000 orang)

Berdasarkan ajaran Buddha Gautama, agama ini didirikan di India hampir 2.500 tahun yang lalu. Ada dua cabang utama Buddhisme: Buddhisme Theravada dan Buddhisme Mahayana. Ajaran Buddha mencakup sumpah anti kekerasan dan kepatuhan terhadap perilaku etis dalam semua aspek kehidupan.

6. Agama Rakyat (Agama Lokal, Agama Daerah) (429.640.000 orang)

Agama rakyat juga biasa disebut dengan agama kepercayaan tradisional merupakan tradisi lokal suatu etnis atau daerah yang bernaung di bawah ajaran agama besar tetapi di luar praktik resmi agama tersebut.

7. Lainnya (60.990.000 orang)

Agama lainnya seperti agama-agama tradisional Tiongkok, termasuk Konfusianisme dan Taoisme. Negara-negara yang banyak menganut agama tradisional adalah Tiongkok, Taiwan, Makau, Burundi, Pantai Gading, dan sebagainya.

(Baca Selengkapnya: Sebanyak 86,88% Penduduk Indonesia Beragama Islam)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.