10 Negara Tujuan Ekspor Kopi RI, Amerika Serikat Langganan Terbesar

Perdagangan
1
Vika Azkiya Dihni 30/09/2021 15:20 WIB
Negara Tujuan Ekspor Kopi Indonesia 2020
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia masuk sebagai lima besar negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi asal Tanah Air pun sudah banyak dikenal oleh penikmat kopi dari seluruh dunia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada 2020 nilai ekspor kopi Indonesia mencapai US$ 809,2 juta. Nilai tersebut turun 7,8% dari tahun sebelumnya yang mencapai US$ 872 juta.

Amerika Serikat menjadi negara tujuan utama ekspor kopi Indonesia dengan nilai sebesar US$ 202 juta atau 25% dari total ekspor kopi pada 2020. Selama lima tahun terakhir, Amerika Serikat pun menjadi negara tujuan dengan nilai ekspor kopi terbesar Indonesia.

Jepang menduduki peringkat kedua sebagai negara tujuan ekspor kopi Indonesia dengan nilai US$ 56 juta. Disusul oleh Malaysia dengan nilai ekspor kopi sebesar US$ 55,4 juta.

Negara tujuan ekspor kopi Indonesia terbesar selanjutnya, yaitu Mesir dengan nilai sebesar US$ 55,02 juta. Jerman menyusul dengan nilai ekspor kopi sebesar US$ 49,5 juta.

Selanjutnya, ada Italia di peringkat keenam negara tujuan ekspor kopi Indonesia dengan nilai sebesar US$ 44 juta. Posisi selanjutnya ditempati Inggris dengan nilai ekspor sebesar US$ 39 juta.

(baca : 5 Jenis Kopi Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.