Inilah 10 Spesies Ikan Terbesar di Dunia, Beratnya Capai 21,5 ton

Agroindustri
1
Vika Azkiya Dihni 28/09/2021 19:20 WIB
10 Spesies Ikan terbesar di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berbagai spesies hewan berukuran besar hidup di lautan. Salah satu hewan laut yang memiliki ukuran terbesar adalah ikan. Melansir World Atlas, Hiu Paus merupakan spesies ikan terbesar di dunia dengan berat mencapai 21,5 ton. Hiu yang memiliki ciri khas berupa corak totol di tubuhnya ini memiliki panjang antara 18 hingga 33 kaki. 

Hiu paus ditemukan di lautan tropis yang hangat dan memiliki rentang hidup mulai dari 80 hingga 130 tahun. Sumber makanan hewan laut ini adalah berbagai jenis ikan dan plankton yang lebih kecil. 

Selain Hiu paus, ada juga Hiu Basking yang menjadi ikan berukuran terbesar kedua di dunia dengan berat mencapai 19 ton dan panjang lebih dari 32 kaki. Hiu basking ditemukan di Teluk Fundy, sebuah teluk yang terletak di antaraNew Brunswick dan Nova Scotia, Kanada. 

Spesies ikan terbesar ketiga, yaitu hiu putih besar dengan berat mencapai 3.32 ton dan memiliki panjang 15 hingga 20 kaki. Ikan hiun putih besar terkenal dengan serangannya terhadap manusia. Hiu putih besar dapat ditemukan di seluruh dunia.

Selanjutnya ada hiu macan dengan berat mencapai 3.11 ton, yang merupakan salah satu hiu terganas karena serangannya terhadap manusia. Kemudian di posisi setelahnya ada Pari manta raksasa yang memiliki berat mencapai 3 ton. Ikan ini juga tercatat mempunyai otak terbesar di antara spesies ikan lainnya.

Lalu, mola-mola laut dan mola-mola selatan merupakan jenis ikan mola-mola dengan berat sebesar 2.3 ton. Ikan mola-mola dijuluki sebagai ikan bertulang sejati terbesar di dunia. Spesies ikan terbesar selanjutnya, yaitu Beluga yang merupakan ikan predator tebesar. Berat ikan Beluga mencapai 2.07 ton.

Kemudian, Mola ekor tajam jenis ikan mola yang mempunyai berat mencapai 2 ton dan Mola Hoodwinker yang biasa disebut dengan ikan matahari ini mempunyai berat mencapai 1.87 ton.

(baca : Ikan Hias Indonesia Laku Ribuan Ton di Pasar Internasional)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua