Tren Indeks Pembangunan Manusia Jawa Timur Meningkat pada 2020

Demografi
1
Dwi Hadya Jayani 24/09/2021 15:50 WIB
Indeks Pembangunan Manusia Jawa Timur
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur menujukkan tren yang semakin membaik. IPM Jawa Timur mencapai 71,71 poin, naik 0,21% dibandingkan 2019 yang sebesar 70,5.

(Baca: Skor Indeks Pembangunan Manusia Papua Menurun pada 2020)

Meskipun skor IPM Jawa Timur naik, tetapi pertumbuhan melambat. Pada tahun sebelumnya, pertumbuhan IPM Jawa Timur mencapai 0,73%. Selain itu, IPM Jawa Timur berada sedikit di bawah rata-rata nasional yang sebesar 71,94 walau termasuk kategori provinsi yang mempunyai IPM dengan nilai tinggi.

Kedua hal tersebut disebabkan adanya dampak negatif terhadap pengeluaran per kapita per tahun yang disesuaikan. Akibatnya, indeks pengeluaran juga mengalami penurunan akibat Covid-19.

Surabaya menempati kota dengan IPM tertinggi di Jawa Timur sebesar 83,23. Sementara itu, BPS menyebutkan sebagian besar IPM rendah di Jawa Timur berada di wilayah Tapal Kuda dan Pulau Madura. Wilayah ini masih dijumpai rumah tangga yang tidak memiliki toilet sendiri atau memanfaatkan aliran sungai untuk mandi, cuci, kakus (MCK), budaya pernikahan dini, dan pendidikan yang rendah.

IPM merupakan ukuran dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. Skor IPM di bawah 60 masuk kategori rendah, 60-70 sedang, 70-80 tinggi, dan di atas 80 sangat tinggi.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua