179 Desa di Wilayah Perkebunan Sawit Masih Tertinggal

Produk Konsumen
1
Melati Kristina Andriarsi 23/09/2021 14:29 WIB
Jumlah Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal di Sentra Sawit Sumatera dan Kalimantan (2019)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah desa di wilayah perkebunan sawit belum sejahtera. Di Sumatera dan Kalimantan, terdapat  179 desa penghasil sawit dari masing-masing 10 kota dan kabupaten yang masih tertinggal dan sangat tertinggal.

Berdasarkan status Indeks Desa Membangun (IDM) di desa dengan komoditas utama kelapa sawit, terdapat 48 desa di Sumatera yang masih tertinggal. Sementara desa yang sangat tertinggal di wilayah tersebut sebanyak 3 desa. Adapun kabupaten Rokan Hilir merupakan kabupaten dengan jumlah desa tertinggal terbanyak yaitu 15 desa.

Di Kalimantan desa tertinggal di wilayah perkebunan sawit mencapai 106 desa. Sedangkan desa yang sangat tertinggal di wilayah yang sama sebanyak 22 desa. Sementara Kabupaten Sanggau dan Ketapang menjadi wilayah penghasil sawit dengan jumlah desa tertinggal terbanyak dengan jumlah masing-masing 20 desa.

IDM merupakan indeks yang diukur dari indikator ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan lingkungan. Sedangkan kategori desa yang tertinggal dan sangat tertinggal berarti desa yang memiliki sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi namun belum dikelola sehinga masyarakatnya belum sejahtera dan berada di garis kemiskinan.

Data Populer
Lihat Semua