Produksi Capai 302,7 Ribu Ton, Pisang Jadi Komoditas Andalan Kabupaten Cianjur

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 06/09/2021 10:40 WIB
Produksi Buah-Buhan dan Sayuran Tahunan di Kabupaten Cianjur (Ton) (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah penghasil buah-buahan dan sayuran di Jawa Barat. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pisang menjadi komoditas andalam yang banyak diproduksi di kabupaten ini, yakni sebanyak 302,69 ribu ton pada 2020.

Komoditas buah-buahan dan sayuran berikutnya yang banyak diproduksi Kabupaten Cianjur adalah mangga, yakni dengan jumlah 14,97 ribu ton. Disusul Nangka/cempedak sebanyak 13,8 ribu ton. Kemudian pepaya dan durian dengan produksi masing-masing sebanyak 12,4 ribu ton dan 9,3 ribu ton.

Daerah penghasil pisang terbesar di Kabupaten Cianjur terletak d Kecamatan Campaka, tepatnya di Desa Karyamukti. Hampir seluruh masyarakat di Desa Karyamukti menanam pisang di lahannya. Produksi pisang di desa ini mencapai 12 ton/minggu dengan luas kebun pisang sekitar 50 hektar.

Setelah dipanen, pisang diolah menjadi aneka produk olahan. Pengolahan pisang di daerah ini masih sangat sederhana. Pisang sebagian besar diolah untuk menjadi sale pisang dengan menggunakan metode pengolahan tradisional.

Potensi perkebunan d Kabupaten Cianjur cukup besar di mana sekitar 19,4% dari seluruh wilayah merupakan areal perkebunan. Selama ini, areal perkebunan dikelola oleh Perkebunan Besar Negara (PBN) seluas 10.709 hektar, Perkebunan Besar Swasta (PBS) seluas 20.174 hektar dan Perkebunan Rakyat (PR) seluas 37.167 hektar.

(Baca Selengkap: Jawa Timur Jadi Sentra Produksi Mangga Nasional pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua