Survei Capres Fixpoll: Prabowo Kandidat Terkuat Presiden RI

Politik
1
Dwi Hadya Jayani 24/08/2021 16:50 WIB
Preferensi Politik Masyarakat (Pertanyaan Terbuka)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah figur diperkirakan bakal bertarung di pemilihan presiden 2024. Survei Fixpoll menunjukkan, Prabowo Subianto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Sebanyak 17,3% responden memilih Prabowo melalui pertanyaan terbuka.

(Baca: Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan Prabowo)

Kandidat terkuat kedua berdasarkan jawaban 10% responden adalah presiden saat ini, Joko Widodo. Kemudian, nama-nama gubernur yang masih menjabat juga masuk dalam daftar, yaitu Ganjar Pranowo sebesar 8,2%, Anies Baswedan 7,1%, dan Ridwan Kamil 3,5%.

Selanjutnya, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus pasangan Prabowo dalam Pilpres 2019, berada di posisi enam dengan persentase sebesar 2,2%. Kemudian, disusul oleh anak dari mantan presiden RI, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dengan suara responden sebesar 2% dan Puan Maharani 1,4%.

Hal yang sama terdapat pada pertanyaan tertutup. Kandidat terkuat yang terpilih dalam survei ini adalah Prabowo 20,7%. Namun pada posisi kedua diraih Ganjar Pranowo 15,2%, dan Anies Baswedan.

Survei tersebut diselenggarakan pada 16 hingga 27 Juli 2021 yang melibatkan 1.240 responden. Metode yang digunakan adalah multistage random samplingMargin of error dalam survei ini sekitar di bawah 2,89% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.