Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan Prabowo

Politik
1
Cindy Mutia Annur 13/08/2021 08:30 WIB
Elektabilitas 10 Tokoh Sebagai Calon Presiden Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Charta Politika, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas sebesar 20,6% jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan pada saat ini. Elektabilitas Ganjar tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan tokoh lainnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 17,8%. Setelahnya ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 17,5%.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tercatat memiliki elektabilitas sebesar 7,7%. Kemudian disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan suara mencapai 7,2%.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Sosial Tri Rismaharini masing-masing punya elektabilitas sebesar 4,2% dan 3,6%. Lalu, elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berturut-turut sebesar 1,8%, 1,4%, dan 1%.

Adapun, Charta Politika melakukan survei terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia pada 12-20 Juli 2021. Survei menggunakan metode sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) lebih dari 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%. 

(Baca: Survei Indostrategic: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Anies Menyusul)

Data Populer
Lihat Semua