Ibu di Indonesia Habiskan Waktu Tiga Jam Bermedia Sosial

Teknologi & Telekomunikasi
Penulis
Andrea Lidwina 13/08/2021 08:00 WIB
Durasi Responden Melakukan Aktivitas Setiap Hari (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei The Asian Parent menunjukkan, ibu di Indonesia rata-rata menghabiskan tiga jam setiap hari untuk bermedia sosial. Media sosial yang digunakan pun beragam, tetapi sebagian besar mengakses Instagram (95%), Facebook (85%), dan YouTube (83%).

Selain media sosial, responden rerata menggunakan aplikasi pesan instan selama dua jam per hari. Aplikasi yang sering diakses adalah WhatsApp (96%), Zoom (60%), dan Telegram (50%). Kemudian, ada 25-35% responden yang memakai Facebook Messenger dan LINE.

Responden juga menghabiskan dua jam setiap hari untuk menonton TV atau streaming video. Netflix, VIU, dan YouTube Premium menjadi layanan streaming yang dipilih para responden. Terakhir, responden juga memanfaatkan waktu satu jam untuk bermain gim.

Sebanyak 71% responden mengakses internet ketika sedang beristirahat dari pekerjaan kantor atau rumah tangga. Waktu lainnya yang sering digunakan untuk berinternet adalah sebelum tidur malam (63%) dan setelah bangun pagi (40%).

(Baca: Durasi Bermedia Sosial Masyarakat Indonesia Semakin Lama pada 2020)

The Asian Parent melakukan survei ini terhadap 670 ibu di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan beberapa kota lainnya. Mayoritas responden sudah memiliki 1-3 anak.

Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.