Brebes Miliki 380 BUMDes pada 2020

Ekonomi & Makro
1
Viva Budy Kusnandar 13/08/2021 11:00 WIB
Jumlah BUMDes di Kabupaten Brebes Menurut Kecamatan (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk Statistik Infrastruktur Kabupaten Brebes, jumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Brebes sebanyak 380 unit pada 2020. Dari jumlah tersebut, BUMDes paling banyak berada di Kecamatan Bumiayu, yakni 36 unit.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Kecamatan Banjarharjo dan Kecamatan Bulukamba yang sama-sama memiliki 35 BUMDes. Kemudian, ada 30 BUMDes di Kecamatan Warnasari.

Sementara, hanya ada 10 BUMDes di Kecamatan Songgom. Jumlah itu menjadi yang paling sedikit dibanding kecamatan lainnya.

BUMDes menjadi salah satu prioritas pembangunan desa di Kabupaten Brebes. Hal itu bertujuan menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi atau pelayanan yang dikelola oleh desa atau antardesa.

Adapun, BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa. Penyertaan modal BUMDes dilakukan secara langsung, yaitu dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, serta jasa lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Brebes sendiri adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki 17 Kecamatan dengan wilayah seluas 1.769,62 km persegi. Berdasarkan data BPS, jJumlah penduduk Brebes mencapai 1,79 juta jiwa pada 2020.

(Baca: Sebanyak 5.225 Desa di Jawa Barat Sudah Terlayani Sinyal 4G)

 

Data Populer
Lihat Semua