Angkat Besi Selalu Konsisten Sumbang Medali Olimpiade bagi Indonesia

Olahraga
1
Andrea Lidwina 29/07/2021 16:50 WIB
Perolehan Medali Indonesia dari Cabang Olahraga Angkat Besi dalam Olimpiade
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia telah memperoleh tiga medali dalam Olimpiade Tokyo 2020. Ketiganya berasal dari cabang olahraga angkat besi, yakni satu perak dari Eko Yuli Irawan (61 kg putra), satu perunggu dari Windy Cantika Aisah (49 kg putri), dan satu perunggu dari Rahmat Edwin Abdullah (73 kg putra).

Pada perhelatan sebelumnya, cabang olahraga ini pun selalu menyumbang medali bagi Indonesia. Misalnya, satu perak dan dua perunggu pada Olimpiade Sydney 2000, kemudian satu medali perak yang dipersembahkan Lisa Rumbewas pada Olimpiade Athena 2004.

Empat tahun kemudian, tiga atlet angkat besi Indonesia membawa pulang medali perunggu. Mereka adalah Lisa Rumbewas (53 kg putri), Eko Yuli Irawan (56 kg putra), dan Triyatno (62 kg putra).

(Baca: Berapa Medali yang Diperoleh Indonesia dari Kejuaraan Dunia Badminton?)

Tiga medali juga diperoleh Indonesia dari cabang olahraga angkat besi pada Olimpiade London 2012. Citra Febrianti (53 kg putri) dan Triyatno (69 kg putra) masing-masing mendapatkan medali perak, lalu Eko Yuli Irawan (62 kg putra) membawa pulang medali perunggu.

Sementara itu, pada Olimpiade Rio 2016, cabang olahraga ini menyumbangkan dua medali perak. Satu medali berasal dari Sri Wahyuni Agustiani (48 kg putri) dan satu medali berasal dari Eko Yuli Irawan (62 kg putra).

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua