10 Negara dengan Armada Pesawat Tempur Terbanyak Dunia, AS Juaranya

Transportasi & Logistik
1
Cindy Mutia Annur 22/07/2021 16:50 WIB
10 Negara dengan Jumlah Armada Pesawat Tempur Aktif Terbanyak di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Flight Global bertajuk ‘World Air Forces 2021’ menyebutkan Amerika Serikat mempunyai armada tempur udara terkuat di dunia. Negara Paman Sam tersebut mempunyai armada pesawat tempur aktif terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 2.717 unit atau sekitar 19% dari total armada pesawat tempur aktif global.

Menyusul AS, Tiongkok mempunyai armada pesawat tempur aktif terbanyak kedua. Jumlahnya sebanyak 1.571 unit atau sekitar 11% dari total armada pesawat tempur aktif yang ada di dunia.

Kemudian, Rusia dan India masing-masing memiliki armada pesawat tempur aktif sebanyak 1.531 unit dan 672 unit. Persentase kedua negara tersebut masing-masing 10% dan 5% dari total armada pesawat tempur aktif global.

Korea Utara ternyata juga termasuk negara yang punya banyak pesawat tempur. Negara komunis tersebut mempunyai 572 unit armada pesawat tempur aktif. Lalu, Korea Selatan dan Pakistan masing-masing memiliki 476 unit dan 447 unit.

Sementara, Flight Global melaporkan Indonesia hanya memiliki 85 unit armada pesawat tempur aktif. Secara total, ada 14.635 unit armada pesawat tempur aktif yang ada di dunia.

(Baca: Helikopter Tempur, Pesawat Militer Terbanyak di Asia-Pasifik)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua