Subsidi Kuota Internet Jadi Bansos yang Paling Banyak Diberikan Pemerintah

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 20/07/2021 17:00 WIB
Pemberian Bantuan Sosial Terhadap Masyarakat Miskin yang Terimbas Pandemi Covid
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah bakal memberikan sejumlah program bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin yang terdampak pandemic Covid-19. Berdasarkan Kementerian Keuangan, subsidi kuota internet menjadi bansos terbanyak yang diberikan pemerintah kepada 38,1 juta penerima.

Selain subsidi kuota internet, diskon listrik menjadi bansos terbanyak kedua yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Jumlahnya mencapai 32,6 juta penerima.

Beragam bansos lainnya yang banyak diberikan pemerintah, yaitu program kartu sembako sebanyak 18,8 juta penerima, program keluarga harapan (PKH) dan bansos tunai masing-masing sebanyak 10 juta penerima.

Di samping itu, ada juga program bantuan langsung tunai (BLT) desa yang diberikan kepada 8 juta penerima. Sementara penerima program Kartu Prakerja sebanyak 5,6 juta penerima.

Pemerintah menaikkan anggaran untuk program perlindungan sosial dari Rp 153,86 triliun menjadi 187,84 triliun. Penambahan anggaran tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan sosial yang lebih luas bagi masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi.

(Baca: Realisasi Dana Bansos Capai Rp 66,43 Triliun hingga Semester I-2021)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua