Pelaku UMKM Paling Banyak Terima Bantuan Restrukturisasi Kredit

Ekonomi & Makro
1
Andrea Lidwina 30/06/2021 15:00 WIB
Persentase Responden yang Peroleh Bantuan Pemerintah
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah memberikan sejumlah bantuan bagi para pelaku UMKM untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19. Hasil survei Mandiri Institute menunjukkan sebanyak 59% responden mendaftar dan mengakses bantuan tersebut.

Bantuan yang paling banyak diperoleh responden adalah restrukturisasi kredit (34%). Lalu, sebanyak 24% responden mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dan 19% subsidi bunga.

Sebagian kecil responden juga mengakses beberapa program bantuan. Misalnya, sebanyak 9% responden mendapatkan bantuan terkait jaminan, 8% terkait pajak, dan 6% dalam hal utilitas.

Sementara itu, sebanyak 84,8% responden sudah mulai kembali beroperasi normal pada awal kuartal II-2021. Persentase itu meningkat dari tahun lalu yang hanya sebesar 35,2%. Meski begitu, masih ada responden yang beroperasi secara terbatas (8,1%), bahkan belum beroperasi (7,1%).

(Baca: Mayoritas UMKM Sudah Beroperasi Normal pada Maret-April 2021)

Mandiri Institute melakukan survei ini secara online terhadap 505 pelaku UMKM di Indonesia. Survei yang dilakukan pada Maret-April 2021 ini bertujuan melihat pemulihan UMKM dan penetrasi digitalnya.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.