Mayoritas Calon Mahasiswa Cari Informasi Universitas dan Jurusan Lewat Sosial Media

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 21/06/2021 16:50 WIB
Sumber Informasi Perguruan Tinggi dan Jurusan (KIC & Aku Pintar, Juni 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru saja diumumkan beberapa waktu lalu. Berdasarkan riset Katadata Insight Center (KIC) dan Aku Pintar bertajuk ‘Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan’, 73% calon mahasiswa di Indonesia menggunakan media sosial untuk mencari sumber informasi terkait perguruan tinggi dan jurusan yang akan mereka pilih. 

Riset tersebut menyatakan, siswa membutuhkan informasi detail mata kuliah yang akan dipelajari, pekerjaan yang sesuai, serta konsultasi untuk memahami bakat diri sehingga mereka dapat menentukan jurusan yang tepat. Media sosial pun menjadi platform yang paling sering mereka gunakan untuk mengakses informasi-informasi tersebut.

Terutama generasi Z (kelahiran 1997-2012) yang umumnya sering mengakses media sosial dan menemukan berbagai informasi terkini melalui media sosial. Informasi tersebut dapat ditemui di sejumlah aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok.

Selanjutnya, calon mahasiswa juga mencari informasi ke situs perguruan tinggi dengan persentase sebesar 54,6%. Kemudian, sebagian lainnya mencari informasi melalui alumni dan aplikasi pendidikan dengan persentase masing-masing sebesar 37,3% dan aplikasi pendidikan 34,7%.

Survei ini dilakukan pada 20-29 Maret 2021 terhadap 1153 siswa usia 15 sampai 18 tahun yang berasal dari 32 provinsi di Indonesia. Siswa yang disurvei berasal dari sekolah negeri sebanyak 68,4% dan swasta 31,6%. Rinciannya, terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan.

(Baca: Daftar Universitas Terbaik di Dunia 2021, Indonesia Peringkat Berapa?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua