Sumatera Barat Sumbang Tenaga Profesional Perempuan Tertinggi di 2020

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 16/06/2021 13:50 WIB
10 Provinsi dengan Persentase Perempuan sebagai Tenaga Profesional Tertinggi Tahun 2020 (%)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Keterlibatan perempuan sebagai tenaga profesional di Sumatera Barat menjadi yang tertinggi di tanah air pada 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, sebanyak 58,97% tenaga profesional di Sumbar diisi oleh perempuan. Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah dengan persentase yang tertinggi di Sumbar yakni 65,20%.

Gorontalo berada di urutan selanjutnya dengan persentase 57,31%, kemudian Sulawesi Selatan 54,47%, Sumatera Selatan 54,37%, dan Sumatera Utara 54,26%. Secara nasional, persentase ini naik dari 47,46% pada 2019 menjadi 48,76% pada 2020. Hal ini dapat diartikan bahwa secara bertahap pemberdayaan gender di Indonesia mengalami kemajuan.

Sementara itu, berdasarkan laporan kesejangan gender oleh World Economic Forum (WEF) 2020, Indonesia berada di peringkat 85 dalam urusan kesenjangan gender. Kesenjangan terbesar adalah pada indikator kesempatan dan partisipasi ekonomi sebesar 58%, disusul pemberdayaan politik sebesar 25%.

(Baca Selengkapnya: Kasus Kekerasan Seksual di Indonesia Mayoritas Tanpa Penyelesaian)

Menurut Aliansi Jurnalis Independen (AJI), kesenjangan kesempatan dan partisipasi ekonomi yang kerap dialami perempuan seperti melakukan beban kerja yang sama dengan laki-laki tetapi tidak mendapatkan penempatan dan kesemptan berkarir yang sama. Kondisi itu biasanya mulai tidak stabil dengan alasan setelah menikah perempuan akan hamil dan punya anak.

AJI juga mengatakan bahwa menciptakan kesetaraan gender di dunia kerja perlu mendapat dukungan dan komitmen dari pengusaha serta pengambil kebijakan. Selain itu, media juga ikut memiliki peran yang signifikan. Media berpotensi menyebarkan, membongkar, dan memperbaiki kesenjangan gender di Indonesia.

Data Populer
Lihat Semua