Apple, Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar Dunia pada Kuartal I-2021

Pasar
1
Andrea Lidwina 16/06/2021 15:30 WIB
10 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Dunia (Kuartal I-2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Apple, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 2,1 triliun pada kuartal I-2021. Nilai itu membuat Apple naik dua peringkat dari kuartal I-2020 sekaligus menjadi yang terbesar di dunia.

Sementara, Saudi Aramco dan Microsoft sama-sama mengalami penurunan peringkat pada tiga bulan pertama tahun ini. Nilai kapitalisasi pasar keduanya tercatat sebesar US$ 1,9 triliun dan US$ 1,8 triliun.

Perusahaan lainnya dengan nilai kapitalisasi pasar di atas US$ 1 triliun adalah Amazon dan Alphabet yang masing-masing sebesar US$ 1,6 triliun dan US$ 1,4 triliun. Kemudian, nilainya untuk Facebook sebesar US$ 839 miliar, Tencent US$ 753 miliar, dan Tesla US$ 641 miliar.

Alibaba, perusahaan asal Tiongkok, juga turut mengisi daftar tersebut dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 615 miliar. Kapitalisasi pasar Berkshire Hathaway yang sebesar US$ 588 miliar menempatkan perusahaan keuangan itu pada posisi berikutnya.

(Baca: Apple Miliki Keuntungan Terbesar di Dunia pada 2020)

Melansir Investing.com, kapitalisasi pasar adalah nilai yang diberikan pada suatu perusahaan berdasarkan harga dan jumlah saham yang diperjualbelikan di pasar. Nilai ini bisa menunjukkan ukuran dan potensi perusahaan tersebut.

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.