Siapa Pembeli Terbesar Vaksin Covid-19 AstraZeneca?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Andrea Lidwina 11/06/2021 13:00 WIB
Jumlah Pembelian Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca Menurut Organisasi/Negara (per 4 Juni 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) yang diinisiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membeli 721 juta dosis vaksin virus corona buatan Oxford/AstraZeneca hingga Kamis, 4 Juni 2021. Jumlah itu tercatat menjadi yang terbanyak di dunia.

Amerika Serikat dan Uni Eropa berada di posisi selanjutnya lantaran sama-sama membeli 300 juta vaksin AstraZeneca. India juga telah mengamankan 210 juta dosis vaksin tersebut, diikuti Jepang 120 juta dosis, Brasil 102 juta dosis, dan Inggris 100 juta dosis.

Pembelian Meksiko tercatat sebanyak 81,9 juta dosis, sementara Thailand sebanyak 66 juta dosis. Australia telah membeli 53,8 juta dosis vaksin, diikuti Maroko dan Indonesia yang masing-masing sebesar 50 juta dosis.

(Baca: Indonesia Telah Suntik 30 Juta Dosis Vaksin Covid-19)

Adapun, sebanyak 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia pada Kamis, 10 Juni 2021. Kedatangan ini membuat Indonesia punya sekitar 8,2 juta dosis vaksin produksi perusahaan tersebut, yang diperoleh secara gratis melalui skema COVAX.

Selain itu, Indonesia telah menerima vaksin dari Sinovac dan Sinopharm masing-masing sebanyak 84,5 juta dosis dan 1 juta dosis. Alhasil, total vaksin yang diterima Indonesia tercatat sebanyak 93,7 juta dosis.

Meski telah ada program vaksinasi, masyarakat tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat diharapkan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.