NTB Miliki Angka Kesakitan Tertinggi di Indonesia pada 2020

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 10/06/2021 11:30 WIB
5 Provinsi dengan Angka Kesakitan (Morbiditas) Tertinggi (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi provinsi dengan angka kesakitan (morbiditas) tertinggi di Indonesia pada 2020. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kesakitan di provinsi tersebut mencapai 21,09% pada tahun lalu.

Posisinya disusul oleh Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki angka kesakitan sebesar 19,17%. Jawa Tengah berada di urutan ketiga lantaran angka kesakitannya mencapai 16,86%.

Kemudian, Gorontalo tercatat memiliki angka kesakitan sebesar 16,63%. Sedangkan, angka kesakitan di Banten sebesar 16,06%.

(Baca: Penderita Covid-19 Komorbid Ginjal Berisiko Kematian 13,7 Kali Lipat)

Menurut BPS, angka kesakitan adalah gangguan terhadap kondisi fisik maupun jiwa, termasuk karena kecelakaan atau hal lain yang menyebabkan terganggunya kegiatan sehari-hari. Keluhan kesehatan yang terjadi secara umum, antara lain panas, sakit kepala, pilek, diare, asma, dan sakit gigi.

Semakin tinggi angka kesakitan, maka semakin buruk derajat kesehatan masyarakat. Tingginya angka kesakitan juga menandakan banyaknya keluhan kesehatan yang dialami oleh penduduk di suatu daerah.

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan data selengkapnya.

Data Populer
Lihat Semua