Produk Fesyen Jadi Primadona di E-Commerce

Teknologi & Telekomunikasi
1
Andrea Lidwina 09/06/2021 15:00 WIB
Proporsi Jumlah Transaksi Produk di E-Commerce (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Produk fesyen dan aksesorisnya masih menjadi primadona di e-commerce. Sebab berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) dan Kredivo, jumlah transaksi produk tersebut mencapai 22% dari total belanja di e-commerce sepanjang 2020.

Proporsi tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan produk lain yang dijual di e-commerce. Meski demikian, proporsi transaksi produk fesyen dan aksesorisnya mengalami penurunan dibandingkan pada 2019 yang sebesar 30%.

Produk kesehatan dan kecantikan berada di posisi selanjutnya dengan proporsi transaksi di e-commerce sebesar 14%. Angka tersebut sama dengan proporsi transaksi untuk produk pulsa dan voucher.

Kemudian, pembelian peralatan rumah tangga sebesar 11% dari total transaksi di e-commerce. Sebanyak 8% dari total transaksi di e-commerce merupakan pembelian gawai dan aksesorisnya.

Produk berikutnya adalah olahraga, mainan, dan hobi serta makanan yang proporsinya sama-sama sebesar 7%. Sementara itu, produk lainnya hanya memiliki persentase sekitar 1-5%.

(Baca: Mayoritas Anak Muda Bakal Tetap Gunakan E-Commerce dalam 6 Bulan Mendatang)

Riset ini dilakukan dengan mengolah data pengguna Kredivo yang melakukan transaksi di e-commerce. Data yang digunakan berasal dari satu juta pengguna yang berbelanja di enam marketplace terbesar pada periode 2020.

Data Populer
Lihat Semua