Malaysia Butuh 48,1 Ribu Silinder Oksigen per Hari akibat Covid-19

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 08/06/2021 16:30 WIB
Kebutuhan Tabung Oksigen Harian di Asia Tenggara (7 Juni 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kebutuhan oksigen bagi pasien yang dirawat akibat terinfeksi virus corona Covid-19 di Malaysia mencapai 48.139 silinder berukuran 7m3 per hari pada Selasa, 8 Juni 2021. Berdasarkan data PATH, jumlah itu menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Filipina mengikuti dengan kebutuhan oksigen harian mencapai 41.827 silinder berukuran 7m3. Sementara, kebutuhan oksigen harian Indonesia sebesar 37.281 silinder dengan ukuran yang sama.

Tingginya kebutuhan oksigen di Malaysia mengingat negara tersebut tengah dilanda gelombang ketiga corona. Virus tersebut tak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak setelah pembatasan wilayah diberlakukan.

Otoritas Malaysia mencatat, setidaknya 27 anak perlu mendapat perawatan di ruang perawatan intensif (ICU) sepanjang Januari-Mei 2021. Jumlahnya bertambah dari tahun lalu yang hanya delapan kasus, sebagaimana dikutip dari Antara.

(Baca: Meski Posisi Satu Asia, Kasus Aktif Covid-19 India Mereda)

Lonjakan kasus corona di Malaysia perlu menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan protokol 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat diharapkan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Data Populer
Lihat Semua