Gelombang Tiga Covid-19, Kebutuhan Oksigen Malaysia Tertinggi di Asia Tenggara

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 28/05/2021 15:00 WIB
Kebutuhan Harian Tabung Oksigen di Asia Tenggara (27 Mei 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gelombang ketiga virus corona Covid-19 di Malaysia telah menginfeksi 541.224 orang hingga 27 Mei 2021. Seiring bertambahnya pasien yang terinfeksi corona, kebutuhan oksigen harian di Malaysia pun kian besar.

Berdasarkan data PATH, kebutuhan oksigen harian di Negeri Jiran diperkirakan mencapai 39.503 silinder berukuran 7m3. Jumlah itu menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, mengalahkan kebutuhan oksigen harian Filipina dan Indonesia.

Lonjakan kasus corona di Malaysia sendiri terjadi karena merebaknya varian baru corona dari Afrika Selatan, India, dan Inggris. Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (RS) di negara itu pun terus bertambah. Melansir dari The Straits Times, tingkat keterisian tempat tidur RS diperkirakan semakin meningkat seiring terus bertambahnya kasus corona di Malaysia.

(Baca: Sentuh Rekor, Selangor Sumbang Tambahan Kasus Covid-19 Terbanyak di Malaysia)

Demi mencegah penularan corona, masyarakat diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Masyarakat pun diharapkan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Data Populer
Lihat Semua