Mayoritas Negara Asia Tenggara Mengalami Lonjakan Kasus Covid-19

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Andrea Lidwina 20/05/2021 10:30 WIB
Rata-rata 7 Hari Kasus Baru Covid-19 di Asia Tenggara (19 April & 19 Mei 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Malaysia dan Singapura kembali menerapkan karantina wilayah (lockdown) lantaran adanya kenaikan kasus virus corona Covid-19. Di Malaysia, rata-rata kasus corona dalam sepekan terakhir mencapai 4.611 orang per hari pada 19 Mei 2021. Jumlah itu meningkat dari bulan sebelumnya yang rata-rata 2.137 kasus per hari dalam sepekan.

Rata-rata kasus corona dalam sepekan terakhir di Singapura naik menjadi 39 orang per hari. Pada bulan lalu, rata-rata kasus corona dalam sepekan terakhir di Negeri Singa hanya 25 orang per hari.

Meski tak menerapkan lockdown, beberapa negara lainnya di Asia Tenggara juga mengalami lonjakan kasus corona. Thailand, misalnya, memiliki rata-rata 4.006 kasus corona per hari dalam sepekan terakhir, naik hampir tiga kali lipat dibandingkan bulan lalu. Tren serupa tercatat di Kamboja, Timor Leste, Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Hanya Filipina dan Indonesia yang mengalami penurunan kasus corona. Rerata kasus corona dalam sepekan terakhir di kedua negara tersebut sebesar 5.819 orang dan 3.557 orang per hari, lebih rendah sekitar 30%-40% dari satu bulan sebelumnya. 

(Baca: India Catat Pertambahan 2,2 Juta Kasus Positif Covid-19 dalam Sepekan Terakhir)

Demi mencegah penularan corona, masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat diharapkan dapat mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

Data Populer
Lihat Semua