Rumah Tangga di Jakarta Paling Banyak Tinggal Mengontrak

Properti
1
Monavia Ayu Rizaty 28/04/2021 12:00 WIB
10 Provinsi dengan Persentase Rumah Tangga Berstatus Kepemilikan Rumah Sewa/Kontrak Tertinggi (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, rumah tangga yang memiliki status tempat tinggal sewa/kontrak di Jakarta mencapai 37,71% pada 2020. Persentase tersebut menjadi yang paling tinggi dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Kepulauan Riau menempati posisi selanjutnya dengan rumah tangga yang memiliki status tempat tinggal sewa/kontrak mencapai 26,29%. Bali menyusul dengan persentase mencapai 22,03%. Sedangkan, rumah tangga yang memiliki status tempat tinggal sewa/kontrak di Kalimantan Timur dan Yogyakarta masing-masing mencapai 17,44% dan 15,01%.

Menurut portal properti Lamudi.co.id, minat masyarakat untuk menyewa tempat tinggal sewa di Jakarta mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal tersebut lantaran harga rumah di Jakarta semakin mahal, tak sebanding dengan penghasilan masyarakat yang masih setara upah minimum provinsi (UMP).

(Baca: Penjualan Rumah Anjlok Akibat Pandemi Covid-19)

Sementara, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta menilai hal tersebut terjadi karena pihaknya banyak menyediakan rumah susun dengan skema sewa (rusunawa) bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tercatat telah menyediakan 11 rusunawa yang tersebar di berbagai wilayah Ibu Kota hingga saat ini.

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan data selengkapnya.

Data Populer
Lihat Semua