IKLAN

SMK Makin Diminati Masyarakat, Apa Alasannya?

Alasan Responden Tertarik terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sumber : MarkPlus, Inc., Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 9 April 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Dimas Jarot Bayu

23/4/2021, 15.00 WIB

Hasil survei Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Markplus, Inc menunjukkan, 82% masyarakat tertarik dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dari jumlah tersebut, 57,8% responden mengaku tertarik dengan SMK karena menganggap prospek kerjanya bagus.

Sebanyak 51,9% responden tertarik dengan SMK karena pilihan jurusannya yang banyak. Ada pula yang tertarik dengan SMK lantaran meminati jurusannya (42,5%), bisa langsung bekerja (39,1%) dan biaya yang murah (23,4%).

Survei dilakukan terhadap 890 responden dengan rincian 390 kelompok sasaran SMK dan 500 kelompok sasaran vokasi yang tersebar di 10 provinsi Indonesia. Kriteria responden berusia 13-65 tahun yang terdiri dari orang tua dan siswa SD hingga SMA/SMK. Margin of error dari penelitian ini sebesar 5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Prospek Kerja Bagus, Alasan Utama Masyarakat Tertarik Pendidikan Tinggi Vokasi)

IKLAN

data terkait