IKLAN

Prospek Kerja Bagus, Alasan Utama Masyarakat Tertarik Pendidikan Tinggi Vokasi

Alasan Tertarik dengan Pendidikan Tinggi Vokasi

Sumber : MarkPlus, Inc., 9 April 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Dimas Jarot Bayu

22/4/2021, 18.00 WIB

Masyarakat kian tertarik dengan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. Hal tersebut tecermin dari hasil survei bertajuk Ketertarikan Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Markplus, Inc.

Berdasarkan hasil survei, ada 78,6% responden yang menyatakan tertarik terhadap pendidikan tinggi vokasi. Prospek kerja bagus menjadi alasan yang paling banyak disampaikan responden ketika tertarik dengan pendidikan tinggi vokasi, yakni 68,7%.

Sebanyak 46,1% responden teratrik dengan pendidikan tinggi vokasi karena masa studinya yang singkat.  Ada pula yang tertarik dengan pendidikan tinggi vokasi karena dapat langsung bekerja (41,7%), banyak jurusannya (35,6%), dan meminati jurusan tersebut (35,1%).

Survei dilakukan terhadap 890 responden dengan rincian 390 kelompok sasaran SMK dan 500 kelompok sasaran vokasi yang tersebar di 10 provinsi Indonesia. Kriteria responden berusia 13-65 tahun yang terdiri dari orang tua dan siswa SD hingga SMA/SMK. Margin of error dari penelitian ini sebesar 5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

IKLAN

data terkait