Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Cash Pop menunjukkan, mayoritas masyarakat memilih kegiatan wisata, hiburan, atau hobi sebagai prioritas ketiga untuk dipenuhi saat pandemi virus corona Covid-19. Hal itu tercermin dari suara 84% responden.
Responden yang menilai pembelian kendaraan dan gawai berada di prioritas ketiga berada di urutan setelahnya. Masing-masing sebesar 81,1% dan 74,9% responden.
Sementara, hampir seluruh masyarakat atau 95,9% responden meletakkan kebutuhan sehari-hari sebagai prioritas pertama pembiayaan saat pandemi Covid-19. Hanya 4,1% responden yang menjadikannya prioritas kedua dan ketiga.
Biaya kesehatan, pendidikan, dan listrik juga menjadi prioritas pertama pembiayaan mayoritas responden. Tiap kategori tersebut disuarakan oleh masing-masing 81,7%, 74,7%, dan 65,8% responden.
KIC dan Cash Pop melakukan survei guna mengetahui perilaku keuangan konsumen selama pandemi Covid-19. Penelitian yang menjangkau 2.491 responden di 34 provinsi Indonesia tersebut berlangsung pada 26 Februari-1 Maret 2021.
(Baca: Riset UI: Konsumen Lebih Pilih Belanja Peralatan Kesehatan saat Pandemi Corona)