KIC: Wisata Jadi Prioritas Terakhir Masyarakat saat Pandemi

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 23/03/2021 14:20 WIB
Prioritas Pembiayaan kebutuhan Konsumen saat Pandemi Covid-19
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Cash Pop menunjukkan, mayoritas masyarakat memilih kegiatan wisata, hiburan, atau hobi sebagai prioritas ketiga untuk dipenuhi saat pandemi virus corona Covid-19. Hal itu tercermin dari suara 84% responden.

Responden yang menilai pembelian kendaraan dan gawai berada di prioritas ketiga berada di urutan setelahnya. Masing-masing sebesar 81,1% dan 74,9% responden.

Sementara, hampir seluruh masyarakat atau 95,9% responden meletakkan kebutuhan sehari-hari sebagai prioritas pertama pembiayaan saat pandemi Covid-19. Hanya 4,1% responden yang menjadikannya prioritas kedua dan ketiga.

Biaya kesehatan, pendidikan, dan listrik juga menjadi prioritas pertama pembiayaan mayoritas responden. Tiap kategori tersebut disuarakan oleh masing-masing 81,7%, 74,7%, dan 65,8% responden.

KIC dan Cash Pop melakukan survei guna mengetahui perilaku keuangan konsumen selama pandemi Covid-19. Penelitian yang menjangkau 2.491 responden di 34 provinsi Indonesia tersebut berlangsung pada 26 Februari-1 Maret 2021.

(Baca: Riset UI: Konsumen Lebih Pilih Belanja Peralatan Kesehatan saat Pandemi Corona)

Data Populer
Lihat Semua