Riset UI: Konsumen Lebih Pilih Belanja Peralatan Kesehatan saat Pandemi Corona

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dimas Jarot Bayu 25/12/2020 12:54 WIB
Perilaku Konsumsi saat Pandemi Corona
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei yang dilakukan Tim Sinergi Mahadata Universitas Indonesia (UI) menunjukkan, 81% konsumen lebih memilih belanja peralatan kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, obat-obatan, dan vitamin saat pandemi virus corona Covid-19. Sebanyak 80% responden memilih menabung di masa pagebluk.

Ada 69% responden yang memilih menghabiskan dananya untuk pendidikan/pelatihan dalam rangka pengembangan diri. Sebanyak 55% responden memilih untuk berinvestasi, baik berupa emas, saham, obligasi, properti, dan lainnya.

(Baca: Protokol Menjaga Jarak Belum Efektif di Pasar Tradisional)

Sebanyak 50% responden memilih belanja kendaraan saat pandemi corona. Ada 46% responden menggunakan uangnya untuk membeli alat elektronik. Kemudian, 40% responden membeli produk hobi di masa pandemi.

Hanya 37% responden yang menggunakan uangnya untuk renovasi rumah. Sedangkan, konsumen yang memilih jalan-jalan di masa pandemi cuma 33%.

Tim Sinergi Mahadata UI melakukan survei daring terhadap 2.125 responden bersama Yougov. Survei dilakukan pada 2-4 November 2020 dengan metode systematic random sampling.

Data Populer
Lihat Semua