Kekuatan Daya Saing Digital Indonesia Masih Berada di Jawa

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 15/03/2021 14:50 WIB
Indeks Daya Saing Digital (EV-DCI) Menurut Kota (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam Indeks Daya Saing Digital (East Ventures-Digital Competitiveness Index/EV-DCI) 2021, terdapat 25 kota dengan pencapaian terbaik. Dari jumlah tersebut, lebih dari setengahnya berada di Pulau Jawa.

Jakarta memiliki EV-DCI tertinggi pada 2021 yang mencapai 71,9 poin, dari skala 0-100 poin. Kota Bandung dan Kota Bekasi menyusul dengan 61,7 poin dan 61,5 poin. Peringkat tersebut diikuti Kota Denpasar, satu-satunya daerah di luar Jawa yang berhasil masuk lima besar dengan 58,9 poin.

Dalam skala nasional, EV-DCI Indonesia menunjukkan perbaikan karena pemerataan daya saing digital tingkat provinsi. Hal ini didukung pembangunan infrastruktur dan bertambahnya pengeluaran teknologi informasi dan komunikasi.

(Baca: Hanya 19% Tenaga Kerja Indonesia Punya Kemampuan Digital)

East Ventures bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) untuk mengukur daya saing digital tingkat kota dari 157 kota/kabupaten di Indonesia. Pengukuran indeks berdasar pada sejumlah indikator dan pendekatan level provinsi yang dinormalisasi menurut jumlah penduduk tiap kota/kabupaten.

Data Populer
Lihat Semua